Latest Movies :
Home » » Belajar PHP menggunakan NotePade++

Belajar PHP menggunakan NotePade++

Belajar PHP menggunakan NotePade++


   
Pertama sebelum belajar  mempraktekkan PHP kita perlu memahami tenang PHP terlebih dahulu , agar lebih mudah mempraktekkan nya. .Tanpa panjang lebar lagi kita langsung aja,,

A.  Maksud dan Tujuan


Maksud :


1.  Memberikan dasar materi perkulihan pemrograman terstuktur

2.  Memberikan pemahaman tetang bahasa pemrograman terstuktur

3.  Memberikan mahasiswa agar berkembang dan berpikir kreativ

Tujuan :


1.  Mengenalkan cara berfikir yang runtut dan sistematis

2.  Mengenalkan bahasa dan teknik pemrograman PHP

3.  Mengenalkan pembuatan program sederhana


B.  Dasar Teori

PENGENALAN  PHP
PHP  merupakan  akronim  dari  ”PHP  :  Hypertext  Presprocessor”.  PHP  merupakan bahasa  script  yang  biasa  digunakan  untuk web  development  yang  dapat  diselipkan dalam HTML.
Berbeda dengan script-script lainnya seperti Java Script atau VB script, PHP dieksekusi di lingkungan server, client hanya menerima hasil dari script yang telah dieksekusi, tanpa bisa mengetahui kode yang digunakan.
PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang didesain agar dapat disisipkan dengan mudah ke halaman HTML. PHP memberikan solusi sangat murah (karena gratis digunakan) dan dapat berjalan di berbagai jenis platform. Pada awalnya memang PHP berjalan di sistem UNIX dan variannya, namun kini dapat berjalan dengan lancar di lingkungan system operasi windows. Suatu nilai tambah yang luar biasa karena proses pengembangan program berbasis web dapat dilakukan lintas system operasi.

Dengan luasnya cakupan system operasi yang mampu menjalankan PHP dan ditambah begitu lengkapnya function yang dimilikinya (tersedia lebih dari 400 function di PHP yang sangat berguna) tidak heran jika PHP semakin menjadi tren di kalangan programmer web.

Penemu bahasa pemrograman ini adalah Rasmus Lerdorf, yang bermula dari keinginan sederhana Ledorf untuk mempunyai alat bantu dalam memonitor pengunjung yang melihat situs web pribadinya. Inilah sebabnya pada awal pengembangannya, PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page tools, sebelum akhirnya menjadi Hypertext Prepocessor.

Antusias komunitas internet terhadap bahasa PHP ini begitu besar, sehingga Rasmus Ledorf akhirnya  menyerahkan  pengembangaPHP  ini  kepada  sebuah  tim  pemrograman  dalam rangka gerakan open source. Tim ini membangun kembali PHP dari awal dengan menulis ulang program parser PHP. Hasilnya adalah PHP 3.0 yang memiliki dukungan lebih luas terhadap database. PHP 4.0 sebagai versi lanjutan dari PHP 3.0 dirilis. Setelah itu, dengan menggunakan mesin scripting Zend untuk memberikan kinerja yang lebih capet dan lebih baik. Versi ini telah mampu mendukung server web selain Apache dan secara built-in telah mampu menangani menajemen session.

.

Antusias komunitas internet terhadap bahasa PHP ini begitu besar, sehingga Rasmus Ledorf akhirnya  menyerahkan  pengembangaPHP  ini  kepada  sebuah  tim  pemrograman  dalam rangka gerakan open source. Tim ini membangun kembali PHP dari awal dengan menulis ulang program parser PHP. Hasilnya adalah PHP 3.0 yang memiliki dukungan lebih luas terhadap database. PHP 4.0 sebagai versi lanjutan dari PHP 3.0 dirilis. Setelah itu, dengan menggunakan mesin scripting Zend untuk memberikan kinerja yang lebih capet dan lebih baik. Versi ini telah mampu mendukung server web selain Apache dan secara built-in telah mampu menangani menajemen session.

Apa saja yang dapat dilakukan PHP?
PHP difokuskan pada scripting server-side, jadi Anda dapat melakukan apa yang bisa dilakukan CGI dengan menggunakan PHP seperti mengambil data inputan form,meng- generate konten halaman dinamis, mengirim dan menerima cookies dan masih banyak lagi. Kemampuan dan supportnya untuk database juga sangat dapat diandalkan.
Sekarang ini, PHP bahkan dikembangkan untuk menjadi bahasa pemrograman. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut di distro-distro Linux keluaran baru.

Di lingkungan mana PHP bekerja?
Awalnya,  PHP  bekerja  di  lingkungan  Linux,  karena  merupakan  ’turunan’  bahasa PEARL yang merupakan bahasa pemrograman native di lingkungan Linux dan Unix. Namun seiring perkembangan dan kebutuhan maka PHP dibuat secara cross platform. PHP dapat bekerja di lingkungan Windows maupun Linux.
PHP mengeksekusi server script lebih cepat dari server script manapun. PHP menempati ranking pertama dalam hal kecepatan eksekusi, diikuti oleh ASP dan JSP.


Pembagian bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman adalah sebuah  set  bahasa  yang digunakan untuk membuat  bahasa turunan berupa bahasa pemrograman yang membentuk modul-modul programan dab menghasilkan suatu aplikasi pemrograman. Menurut cara prosesnya bahasa pemrograman dapat dikategorikan menjadi dua yaitu :

Bahasa Compiler


Bahasa pemrograman yang bisa dikatakan bahasa compiler adalah bahasa yang akan mengubah script-script program ke dalam source code, selanjutnya bentuk source code akan diubah menjadi bentuk object code, bentuk dari objek code akan menghasilkan file yang lebih kecil  dari  pada  file  yang mentah  sebelumnya,  dan  selanjutnya bentuk  objek  code  akan berubah menjadi sebuah program yang siap dijalankan tanpa adanya program bantu pembuatnya. Sehingga hasil bahasa pemrograman yang berbentuk compiler akan berstatus menjadi sebuah program EXE yang dapat dieksekusi tanpa bantuan program pembuatnya.

Bahasa Interpreter


Bentuk program yang lain  setelah Compiler adalah  Interpreter, jenis  ini  sangat berbeda dengan  Compiler.  Pada  bahasa  interpreter  cript  mentahnya  tidak  harus  diubah  kedalam
bentuk  sourccode.  Sehingga pada  saat  menjalankan  kode  dasar  secara  langsung akan dijalankan tanpa harus melalui proses pengubahan kedalam bentuk source code.


Teknik menggunakanPHP


Seperti pada program-program yang lainnya PHP memiliki beberapa aturan penulisan yang harus  diketahui  sebelumnya,  yaitu  bagaimana  memulai  prograPHP  dan  mengakhiri program PHP, sehingga dengan memenuhi beberapa aturan yang ada kita dapat mengerjakan program yang dihadapi. Untuk PHP kita dapat memulainya dengan mengenal sebuah tag pengenap PHP yang digunakan untuk menuliskan kode PHP. Berikut bentuk aturan pengenal
penulisan program didalam PHP


Awal
Akhir
<?
?>
<?php
?>
<script language=”php>
</script>
<%
%>







          Setelahan memahami tentang PHP kita INSTAL App server atau bisa menggunakan XAMPP disini saya menggunakan XAMPP  dan  INSTAL Notepade++ .
Untuk instal AppServer atau XAMPP  dan NotePade++ cara nya sudah di posting pada halaman sebelum nya .

 Setelah menginstal AppServer kita test koneksi dengan mengetikkan : http://localhost di Moozilla Firefox.

3. Setelah itu Test apakah php sudah terinstal dengan baik , caranya dengan mengetikan
http://localhost/phpinfo.php di Moozilla Firefox.


Setelah semua nya selesai kita langsung aja mempraktekan nya,,
 C.  PRAKTEK

1.  Menampilkan data didalam program

PHP menyediakan beberapa fungsi string untuk mencetak output ke browser, dua di antaranya yang sering digunakan adalah print( ) dan echo(). Kedua fungsi ini sebenarnya bukan fungsi riil, tetapi suatu konstruksi bahasa. Meskipun secara garis besar print() dan echo() memiliki tujuan sama, akan tetapi ada beberapa perbedaan esensial yang perlu diperhatikan.
Fungsi print() berperilaku seperti fungsi pada umumnya, dan memiliki nilai kembalian (return value) berupa integer 1. Dengan demikian, print() dapat digunakan sebagai bagian dari ekspresi yang lebih kompleks. Sementara itu, echo()mempu menerima lebih dari satu parameter sekaligus, dan tidak memiliki nilai kembalian.


Praktekan Source code berikut dalam editor Notepad atau Notepad++ anda dan simpan hasilnya dengan nama Modul1.php


<?php

echo "belajar dasar pemrograman terstuktur";

echo "<br>";

print “<br>”;
print  “Selamat Belajar;

?>
 Hasil :



2.  PHP dalam tag HTML

Salah satu kelebihan yang dimiliki PHP adalah dapat disisipkan kedalam tag-tag HTML, yaitu suatu script yang dapat embeded dalam bahasa program yang lain.
Praktekan Source code berikut dalam editor Notepad atau Notepad++ anda dan simpan hasilnya dengan nama Modul12.php


<html>
<head>
<title>embeded dalam Tag HTML </title>
</head>
<body>
<h1>
<script language="php">
echo "Selamat datang di AMIK PGRI Kebumen";
echo “<br>;
echo " Kampus Manajemen Informatika Komputer";
</script>
</h1>
</body>
</html>

Hasil











3.  HTML di dalam PHP

Selain embeded, PHP juga dapat dibuat menggunakan format Tag PHP murni, caranya adalah dengan mengubah semua Tag HTML menjadi script PHP.
Praktekan Source code berikut dalam editor Notepad atau Notepad++ anda dan simpan hasilnya dengan nama Modul13.php
<?php

echo "<html>";

echo "<head>";

echo "<title>HTML dalam Script PHP </title>";

echo "</head>"; echo "<body>"; echo "<h1>";
echo "<div align=center>";

echo "<font color=#000000 size=+2>";



echo "Selamat datang di AMIK PGRI Kebumen";

echo "</font>"; echo "</div>"; echo "</h1>"; echo "</body>"; echo "</html>";
?>

HASIL:




4.  Variabel dalam PHP

Untuk membentuk sebuah variabel tidak sesulit seperti dalam bahasa pemrograman yang lain, pembentukan variabel dapat dibuat dengan menggunakan tanda string ( $) sebagai pendeklarasian awal dengan menggunakan tanda $ maka karakter yang ada setelahnya akan dianggap  atau dikenali oleh program sebagai bentuk variabel. Aturan-aturan yang dapat digunakan untuk menuliskan variabel-variabel adalah sebagai berikut :
•   Pendeklarasian harus diawali dengan String ($)

•   Variabel dapat menggunakan huruf kecil atau huruf besar

•   Penulisan awal variabel tidak boleh menggunakan angka

    Apabila akan menggunakan angga sebagai variabel maka dapat menggunakan tanda underscore (_) untuk memulainya.
•   Tidak boleh menggunakan karakter khusus seperti huruf ASCI

Variabel biasa

Praktekan Source code berikut dalam editor Notepad atau Notepad++ anda dan simpan hasilnya dengan nama Modul14.php

<?php


$kampus_IT = "AMIK PGRI";


$jurusan="Manajemen Informatika"; echo " Saya adalah mahasiswa "; echo " $kampus_IT ";
echo "$jurusan ";


?>

HASIL:




Penailkan isi variabel


Praktekan Source code berikut dalam editor Notepad atau Notepad++ anda dan simpan hasilnya dengan nama Modul15.php

< HTML>
<HEAD>
<TITLE>variabel</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<?php
   $gaji=2000000;
   echo("Gaji semula= $gaji");print ('<br>');
   $gaji= 1.5*$gaji;
   echo("Gaji sekarang=$gaji");
  
?>
</BODY>
</HTML>
Hasil=




Sekian dulu gan,, tunggu modul” yang lain nyaa,,, daaaaaahhhhh
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : AMIK PGRI KEBUMEN | OKI SATRIA SETIAWAN
Copyright © 2014. O-kiss - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger