Latest Movies :
Home » » SEPULUH CARA JITU MEMBAGI WAKTU BELAJAR

SEPULUH CARA JITU MEMBAGI WAKTU BELAJAR

















Masih bingung bagaimana cara membagi waktu yang baik dan benar. Terkadang memang sebagai siswa masih sangat susah membagi waktu belajar. Jangan khawatir coba ikuti kiat-kiat jitu di bawah ini, dijamin waktumu tidak akan terbuang percuma begitu saja
A. Jadikan waktu belajar di kelas adalah waktu terbaik untuk belajar.
1. Siapkanlah materi sebelum pelajaran dimulai. Kalau kamu hanya punya sedikit waktu untuk membaca materi, banyak-banyaklah bertanya. Ulangilah membaca materi terakhir secara sekilas supaya kamu tidak banyak bengong pada waktu guru menerangkan materi baru.
2. Dengarkanlah dengan serius apa yang diterangkan gurumu dan cobalah untuk mengulang kemabali materi yang baru saja kamu dapat dengan bahasamu sendiri. Hal ini untuk menghindari sistem belajar kebut semalam karena materi pelajaran akan lama tersimpan di otak.
B. Buatlah daftar harian
1. Tulislah secara singkat 5 tugas yang harus dikerjakan baik urusan sekolah atau pribadi, berurutan mulai dari yang paling penting sampai ke yang kurang penting.
2. Buatlah juga rencana kecil yang hendak kamu lakukan hari ini, misalnya membaca 5 halaman pelajaran biologi.
C. Rencanakan jadwal mingguan
1. Buatlah agenda m ingguan yang berisis jadwal pelajaran, kegiatan ekstrakulikuler, atau les tambahan, tugas rumah, jam tidur, jam makan. Tulislah semua suapaya terlihat urutan waktunya. Jangan lupa sisakan baris kosong untuk kegiatan yang mendadak muncul di kemudian hari.
2. Usahakan meluangkan waktumu setiap minggu untuk belajar selama dua jam permata pelajaran di sekolah.
D. Gunakanlah waktu siangmu sebaik mungkin
1. Di sekolah, kamu dapat membaca materi pelajaran terlebih dahulu sebelum guru masuk kelas. Begitupula sesudah pelajaran selesai, buatlah ringkasan kecil tentang materi yang baru saja diterangkan gurumu. Supaya lebih mudah diingat, tulislah materi tersebut dalam kartu-kartu kecil atau tulislah di tempat lain yang mudah dibaca kembali.
2. Utamakan waktu belajarmu semaksimal mungkin katika hari terang. Usahakan juga mencari tempat belajar yang sunyi atau tidak berisik supaya kamu dapat berkonsentrasi.
E. Buatlah kalender semester pribadi
1. Berilah penanda pada kalender dinding atau kalender meja untuk setiap kejadian tertentu, seperti tanggal ujian atau tanggal pembagian rapot.
2. Tulislah semua tanggal khusus tersebut berserta kegiatannya dalam kalender kecil yang dapat dibawa kemana saja. Contoh terbaik adalah di buku agenda harian atau daily planner.
F. Kerjakan sedapat mungkin
1. Kalau ada perlengkapan belajar yang tidak dimiliki, carilah sarana lain yang hasilnya sama supaya tidak menjadi alasan penghambat.
2. Usahakan bekerja sebaik mungkin sesuai dengan kemampuanya. Tidak perlu sempurna 100%, tetapi yang penting mencoba terlebih dahulu.
G. Konsentrai dan fokus
1. Dalam setiap kegiatan, usahakan untuk tetap fokus dan konsentrasi pada kegiatan yang sedang diikuti, misalnya dengan bersikap aktif.
2. Supaya aliran darah tetap berjalan lancar, istirahatlah selama 5-10 menit setiap 30-40 menit kegiatan.
H. Berjalanlah lurus sesuai jadwal rencanamu. Berikanlah berkata “Tidak” pada hal-hal yang dapat merusak alur rencanamu tadi.
I. Tetapkan batas waktu untuk segala rencana atau cita-cita kecil kamu. Jika kamu berhasil mencapainya, berilah penghargaan atas jerih payahmu itu.
J. Hargailah diri sendiri dengan membuat rencana, jadwal dan cita-cita yang sesuai dengan kondisi pribadimu.

sumber:YUPABORAFIT /
Mulyaningtyas, Renita. Hadiyatno, Yusup. 2007. Bimbingan dan Konseling untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Esis
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : AMIK PGRI KEBUMEN | OKI SATRIA SETIAWAN
Copyright © 2014. O-kiss - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger