Latest Movies :
Home » » Atur Waktu Minum Kopi Agar Nonton Piala Dunia Tak Ganggu Waktu Tidur

Atur Waktu Minum Kopi Agar Nonton Piala Dunia Tak Ganggu Waktu Tidur

Jakarta, Di musim Piala Dunia seperti sekarang ini, para penggemar sepak bola rela begadang untuk menonton kesebelasan favoritnya. Tentunya jika begadang, waktu tidur akan berkurang dan tubuh lebih mudah lelah dan mengantuk.

Nah, senjata andalan para supporter tim sepakbola tersebut tak lain dan tak bukan adalah kopi. Biasanya beberapa saat sebelum pertandingan berlangsung, segelas kopi sudah tersedia untuk menemani menonton bola. Lalu apa pendapat pakar kesehatan?

Pakar tidur sehat dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran mengatakan bahwa sebenarnya boleh-boleh saja minum kopi agar mata tetap segar saat nonton bola. Yang menjadi perhatiannya adalah kapan waktu minumkopi yang tepat bagi orang yang ingin nonton Piala Dunia.

"Perlu diketahui bahwa efek kopi itu bekerja setengah sampai satu jam setelah masuk tubuh. Lalu efeknya akan terasa selama 9-12 jam. Jadi kalau minum kopinya ketika baru mulai nonton ya salah," ungkap pria yang akrab disapa dr Ade kepada detikHealth, Jumat (20/6/2014).

Sebagai contoh, jika Anda ingin menonton pertandingan Spanyol vs Chile yang akan tayang nanti malam pukul 02.00 WIB, maka dr Ade menyarankan agar Anda meminum kopi nanti pada pukul 18.00 atau 19.00 WIB. Sehingga ketika pertandingan selesai, efek kopi sudah hilang dan Anda dapat lebih muda tertidur.

Jika Anda minum kopi tepat ketika pertandingan baru saja dimulai, otomatis efek kopi akan terasa jauh setelah pertandingan selesai. Hal ini tentunya akan mengganggu aktivitas Anda karena Anda belum sempat tidur dan beristirahat.

Kendati kopi memang menjadi andalan para penggila bola, tak jarang ada orang yang mengaku tak terpengaruh meski sudah minum kopi. Dalam artian dirinya tetap mengantuk meski sudah minum segelas kopi. Menurut dr Ade, kondisi tersebut sudah termasuk bahaya.

"Jika sudah minum kopi tapi tetap ngantuk? Itu bahaya sekali. Berarti kelelahan dan stres yang dialami tubuh sudah tak bisa ditahan oleh kafein. Padahal kafein kuat sekali lho efeknya!," tutur dr Ade lagi.

Untuk itu, dr Ade mengatakan bahwa satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah tidur yang cukup. Serta jauhi rokok dan berbagai macam bentuk nikotin lainnya.

"No smoking 2 jam sebelum tidur ya. Nikotin juga merangsang mata untuk tetap terjaga meski sebenarnya tubuh tetap saja sudah sangat lelah," pungkasnya.

Sumber Detik.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : AMIK PGRI KEBUMEN | OKI SATRIA SETIAWAN
Copyright © 2014. O-kiss - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger